PERPUSTAKAAN Prof. Dr. Nurcholish Madjid

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

"Literasi informasi editor untuk menunjang kompetensi dalam mengedit naskah buku nonfiksi di penerbit gramedia pustaka utama "

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi informasi editor nonfiksi di Penerbit Gramedia Pustaka Utama untuk menunjang kompetensi dalam mengedit naskah buku, serta mengetahui penerapan literasi informasi editor nonfiksi dalam proses pengeditan naskah buku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara mendalam kepada informan dan kajian pustaka. Penelitian ini menggunakan model literasi The Seven Pillars yang terdiri atas identifikasi, cakupan, rencana, mengumpulkan, evaluasi, mengelola, dan penyajian. Tahap awal pekerjaan editor dimulai dari verifikasi kebenaran isi naskah, menyelidiki informasi yang berpotensi mendapatkan wawasan baru, atau naskah potensial untuk proyek kerja. Walaupun dalam hal ini informan hampir tidak pernah ke perpustakaan untuk mengumpulkan informasi, karena lebih sering mengandalkan internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hal yang menjadi kekuatan editor selama proses literasi informasi untuk menunjang kompetensi dalam mengedit naskah nonfiksi terdapat pada pilar identifikasi, rencana, evaluasi, dan penyajian. Hal yang menjadi kelemahan editor selama proses literasi informasi untuk menunjang kompetensi dalam mengedit naskah nonfiksi terdapat pada pilar mengumpulkan dan mengelola.
Ketersediaan
SP23094SKR SP23094Perpustakaan FAHTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

SKR SP23094

Penerbit

Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

xiv, 184 hlm., ilus.

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

SKR SP

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas

Share :


Link Repository

Pustaka Digital Internasional

Berikut link E-Jurnal, E-Book , dan E-Lib Internasional. Silahkan klik tab disamping, klik logo nya untuk menuju website Pustaka Digital Internasional

Punya kritik , saran , pesan harapan ?