Pemanfaatan Instagram Dalam Promosi Perpustakaan: Studi Kasus Simpul Library-Pustakalana Di Bandung
Siti Sulthonah - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan Instagram Dalam Promosi
Perpustakaan: Studi Kasus Simpul Library-Pustakalana di Bandung. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Instagram oleh Perpustakaan
Pustakalana dalam promosi perpustakaan, dan untuk mengetahui kendala yang
dihadapi Perpustakaan Pustakalana dalam kegiatan promosi menggunakan
Instagram. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah admin Instagram Pustakalana
dan Koordinator Pustakalana, sedangkan teknik pengumpulan data adalah
observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik penguji keabsahan
data menggunakan teknik kredibilitas dengan metode triangulasi sumber, teknik,
dan waktu. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan
Pustakalana telah memanfaatkan Instagram dalam promosi perpustakaan dengan
baik. Instagram Perpustakaan Pustakalana selain dimanfaatkan untuk kegiatan
promosi, ada temuan menarik di luar fokus penelitian yaitu Instagram
Perpustakaan Pustakalana juga dimanfaatkan untuk media sharing informasi dan
media komunikasi dengan Pemustaka atau follower. Fitur-fitur Instagram hampir
seluruhnya dimanfaatkan oleh Perpustakaan hanya fitur promosi dan interaksi ke
media sosial lain. Konten yang dipromosikan di akun Instagram berupa seluruh
informasi terkait Perpustakaan Pustakalana. Kendala yang dihadapi oleh
Perpustakaan Pustakalana adalah pertama, ketidaksesuaian antara jumlah follower
dengan jumlah like yang diperoleh pada setiap hasil postingan yang telah
diupload. Kedua, kurangnya jumlah sumber daya manusia (SDM).
Perpustakaan: Studi Kasus Simpul Library-Pustakalana di Bandung. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Instagram oleh Perpustakaan
Pustakalana dalam promosi perpustakaan, dan untuk mengetahui kendala yang
dihadapi Perpustakaan Pustakalana dalam kegiatan promosi menggunakan
Instagram. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah admin Instagram Pustakalana
dan Koordinator Pustakalana, sedangkan teknik pengumpulan data adalah
observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik penguji keabsahan
data menggunakan teknik kredibilitas dengan metode triangulasi sumber, teknik,
dan waktu. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan
Pustakalana telah memanfaatkan Instagram dalam promosi perpustakaan dengan
baik. Instagram Perpustakaan Pustakalana selain dimanfaatkan untuk kegiatan
promosi, ada temuan menarik di luar fokus penelitian yaitu Instagram
Perpustakaan Pustakalana juga dimanfaatkan untuk media sharing informasi dan
media komunikasi dengan Pemustaka atau follower. Fitur-fitur Instagram hampir
seluruhnya dimanfaatkan oleh Perpustakaan hanya fitur promosi dan interaksi ke
media sosial lain. Konten yang dipromosikan di akun Instagram berupa seluruh
informasi terkait Perpustakaan Pustakalana. Kendala yang dihadapi oleh
Perpustakaan Pustakalana adalah pertama, ketidaksesuaian antara jumlah follower
dengan jumlah like yang diperoleh pada setiap hasil postingan yang telah
diupload. Kedua, kurangnya jumlah sumber daya manusia (SDM).
Ketersediaan
SP1715 | SKR IPI 2017 15 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI
Penerbit
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah : Jakarta., 2017
Deskripsi Fisik
xii, 94 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Muhammad Azwar
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas