Kebutuhan dan perilaku pencarian informasi guru ilmu pengetahuan alam dalam proses pembelajaran di sman 2 cibinong
Deby Fitriyani Fajrin - Personal Name
muhammad azwar - Personal Name
Deby Fitriyani Fajrin. Kebutuhan dan Perilaku Pencarian Informasi Dalam
Proses Pembelajaran Di SMAN 2 Cibinong. Skripsi di bawah
bimbingan M. Azwar M.Hum. Jakarta: Program Studi Ilmu
Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta 2017.
Penelitian ini membahas tentang kebutuhan dan perilaku pencarian informasi
dalam proses pembelajaran di SMAN 2 Cibinong. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui kebutuhan informasi guru Ilmu Pengetahuan Alam
dalam proses pembelajaran di SMAN 2 Cibinong, untuk mengetahui perilaku
pencarian informasi guru Ilmu Pengetahuan Alam dalam proses pembelajaran
di SMAN 2 Cibinong serta mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru Ilmu
Pengetahuan Alam dalam memenuhi kebutuhan informasi di SMAN 2
Cibinong. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, riset kepustakawanan dan dokumentasi. Sedangkan teknik
pengolahan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru Ilmu
Pengetahuan Alam membutuhkan informasi yang dapat menambah wawasan
pada materi yang akan diajarkan, informasi mengenai alat atau media yang
tepat, informasi yang berkaitan dengan manajemen kelas serta informasi
mengenai bahan bacaan yang akan digunakan. Sedangkan untuk hasil
penelitian yang berkaitan dengan menggunakan model perilaku pencarian
Ellis menemukan 8 tahapan yang meliputi; starting, mempersiapkan tema,
judul materi dan mempelajari materi pembelajaran; chaining, melakukan
penulisan dan pencatatan informasi serta menggunakan daftar pustaka
sebagai acuan; browsing, menggunakan sumber informasi sekunder, tersier,
perpustakaan dan internet; differentiating, membuka website yang dianjurkan
oleh guru lain, mengetik informasi di internet secara langsung serta dengan
membaca informasi yang telah ditemukan terlebih dahulu; monitoring,
mencari informasi pada jurnal, bahan bacaan dan melalui sharing dan diskusi
dengan rekan guru; extracting, mendownload materi, merangkum serta
mengetik informasi yang diinginkan; verifying, mengecek kembali dengan
tema atau judul informasi yang dicari; tahapan terakhir adalah ending,
menyajikan materi kepada murid dalam bentuk PPT dan gambar-gambar serta
praktek langsung di Laboratorium. Untuk kendala yang dihadapi yaitu
kendala yang berasal dari lingkungan seperti waktu luang yang sedikit,
jaringan wifi yang terkadang bermasalah, koleksi perpustakaan yang kurang
up to date, terhambatnya penelusuran informasi dikarenakan tidak adanya
OPAC serta ruang perpustakaan yang kurang nyaman.
Proses Pembelajaran Di SMAN 2 Cibinong. Skripsi di bawah
bimbingan M. Azwar M.Hum. Jakarta: Program Studi Ilmu
Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta 2017.
Penelitian ini membahas tentang kebutuhan dan perilaku pencarian informasi
dalam proses pembelajaran di SMAN 2 Cibinong. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui kebutuhan informasi guru Ilmu Pengetahuan Alam
dalam proses pembelajaran di SMAN 2 Cibinong, untuk mengetahui perilaku
pencarian informasi guru Ilmu Pengetahuan Alam dalam proses pembelajaran
di SMAN 2 Cibinong serta mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru Ilmu
Pengetahuan Alam dalam memenuhi kebutuhan informasi di SMAN 2
Cibinong. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, riset kepustakawanan dan dokumentasi. Sedangkan teknik
pengolahan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru Ilmu
Pengetahuan Alam membutuhkan informasi yang dapat menambah wawasan
pada materi yang akan diajarkan, informasi mengenai alat atau media yang
tepat, informasi yang berkaitan dengan manajemen kelas serta informasi
mengenai bahan bacaan yang akan digunakan. Sedangkan untuk hasil
penelitian yang berkaitan dengan menggunakan model perilaku pencarian
Ellis menemukan 8 tahapan yang meliputi; starting, mempersiapkan tema,
judul materi dan mempelajari materi pembelajaran; chaining, melakukan
penulisan dan pencatatan informasi serta menggunakan daftar pustaka
sebagai acuan; browsing, menggunakan sumber informasi sekunder, tersier,
perpustakaan dan internet; differentiating, membuka website yang dianjurkan
oleh guru lain, mengetik informasi di internet secara langsung serta dengan
membaca informasi yang telah ditemukan terlebih dahulu; monitoring,
mencari informasi pada jurnal, bahan bacaan dan melalui sharing dan diskusi
dengan rekan guru; extracting, mendownload materi, merangkum serta
mengetik informasi yang diinginkan; verifying, mengecek kembali dengan
tema atau judul informasi yang dicari; tahapan terakhir adalah ending,
menyajikan materi kepada murid dalam bentuk PPT dan gambar-gambar serta
praktek langsung di Laboratorium. Untuk kendala yang dihadapi yaitu
kendala yang berasal dari lingkungan seperti waktu luang yang sedikit,
jaringan wifi yang terkadang bermasalah, koleksi perpustakaan yang kurang
up to date, terhambatnya penelusuran informasi dikarenakan tidak adanya
OPAC serta ruang perpustakaan yang kurang nyaman.
Ketersediaan
SP171090 | SKR IPI 2017 1090 | Perpustakaan FAH (Skripsi IPI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR IPI 171090
Penerbit
Fakulas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hiayatullah Jakarta : fakultas Adab dan Humaniora., 2017
Deskripsi Fisik
xiii, 91 lembar
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR IPI
Informasi Detil
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Deby Fitriyani Fajrin, Muhammad azwar
Tidak tersedia versi lain